Suzuki Smash 110 SR, Si “Kerupuk” Keren dari Suzuki…
Suzuki Smash, mendengar nama motor ini pasti inget dengan image “bodi kerupuk” atau “miss gear”. Bisa dibilang smash menjadi salah satu sebab alias biang kerok hancurnya image Suzuki sebagai penghasil motor unggulan. Ya, entah mungkin karena untuk menekan biaya produksi agar harga jualnya bisa murah agar bisa bersaing melawan invasi mocin waktu, Suzuki sepertinya mengurangi kualitas material di Suzuki Smash. Bodi yang rapuh dan mudah patah, serta masalah gigi loncat (miss gear) sudah cukup untuk menenggelamkan nama smash di tengah naiknya pamor Yamaha, dengan Jupiter-Z dan Vega-R nya. Di kancah road race pun, Smash yang menggantikan Suzuki Shogun 110 di kelas underbone 115cc tampaknya cukup kewalahan menghadapi ketangguhan Jupiter-Z Doni Tata dan Hokky. So, kini harga jual smash 110 turun begitu drastis hingga mungkin cukup dengan duit 2,5 juta aja sampeyan bisa bawa pulang sekennya dengan kondisi mbuhhh (Jakarta).
Eittt, tapi meski Smash jadi penyumbang kehancuran image Suzuki, dulu di awal kemunculannya Smash pernah jadi idola lhoh untuk kelas bebek entry level. Di daerah saya cukup banyak yang memilih smash sebagai motor keluarga, mungkin dengan alasan harganya yang waktu itu paling murah diantara brand Jepun lain dan dengan tampilannya yang cukup bagus.
Puncaknya
adalah ketika Suzuki memberikan sentuhan manis pada smash dengan varian
Street Runner alias Smash SR di tahun 2004. Nah, ini dia yang mau saya
bahas di artikel ini, adalah Suzuki Smash 110 SR yang saya anggap cukup
fenomenal waktu itu. Smash SR hadir dengan penambahan stripping racing
khas Suzuki, knalpot sporty dan velg cast wheel palang lima serta shock
belakang kuning menyala cukup untuk mendongkrak penampilan smash yang
sebenarnya biasa saja menjadi keren dan sporty. Hadir pertama kali
dengan 2 pilihan warna, yaitu merah hitam dan biru hitam, di tahun
berikutnya nyusul pilihan warna lain kuning hitam dan oranye hitam
Suzuki big5 edition.
Seketika
waktu itu Suzuki Smash SR booming, penampilannya yang sporty bak motor
balap begitu eye catching di jalan. Meski secara performa mungkin bisa
dibilang hampir sama dengan Smash versi SW, tapi ternyata tetep saja
Smash SR punya daya pikat lebih dari versi biasa dengan harga lebih
mahal. Bahkan jika dibanding dengan penampilan Smash SR generasi
penerusnya yang muncul di tahun 2006 saya anggap masih kalah keren dari
Smash SR pertama. Saya yang waktu itu masih kelas 1 STM pun sempat
kepincut Smash SR, meski akhirnya pilih jadi FBY dengan memilih Yamaha
Vega-R sebagai tunggangan saya. Pun juga teman sekelas saya sewaktu STM
juga kepincut Smash SR waktu itu. Smash SR itu seperti persembahan terakhir dari smash sebelum akhirnya harus lengser ditelan image buruknya, jadi cukup layaklah Suzuki Smash SR dikenang sebagai motor keren di jamannya.

0 komentar:
Posting Komentar