Senin, 05 Maret 2012

my shaggy

My Shaggy
Gue punya motor shogun 125 udah modif di sektor mesin mungkin masih minim karena terbentur dana jadi belum bisa gue maksimalin jadi ni proyek masih dalam proses . berikut detailnya mesin gue : noken modif , piston thunder 125 , silinder papas 0,8 , bandul di balance , cuma segini doank korekan mesin gue tp dah asyik bisa buat malang blitar pp g masalah .
Rencana sih mau ganti klep punyaknya cs 1 cz sama kyak klepnya sonic tapi berhubung masih nabung ya belum terlaksana tinggal nunggu waktu aja setalah klep juga ada rencana pakek cdi rektor dan pake karbu pe 28 + ngacir abiss.

tolong kalau ada saran ide coment ok!
Did you like this? Share it:

ganti klep shogun 125

Posted by 4mry | upgrade mesin | Friday 22 January 2010 6:55 pm

OTOMOTIFNET – Klep Honda Sonic laris-manis di pasaran. Maklum punya ukuran yang strategis untuk seting motor keperluan road race, drag bike dan juga di skubek bore up. Namun kini keberadaan klep Sonic mulai terancam oleh hadirnya klep Honda CS-1.
Mesin Honda CS-1 aslinya memang dari Honda Sonic, jadi wajar saja kalau ukurannya sama. “Klep in 28 mm dan ex 24 mm,” jelas Amid Awaludin dari Adam Motor di Jl. Bayangkara I, No. 96, Paku Jaya, Graha Raya, Tangerang yang penyedia klep Sonic itu.
Amid mewanti, meski ukuran sama tapi beda kode. Asli Sonic kode di payung klep isap dan buang sama-sama GH. Sedang katup CS-1 kodenya klep masuk GH dan klep buangnya WC. Maklum beda yang memproduksi.

Klep Sonic. Kode di payung klep isap dan buang sama-sama GH
Klep Sonic dibikin di Thailand, sedang untuk CS-1 bisa jadi diproduksi oleh PT Federal Nittan Industries di MM2100 Cibitung, Bekasi. Masuk dalam grup Astra yang masih ada hubungan dengan PT Astra Honda Motor (AHM) sang pembuat CS-1.
Meski beda yang memproduksi namun jangan takut soal kekuatan. Sebab PT AHM punya standar ukuran dan material. Menurut sumber Em-Plus, katanya klep Sonic dan CS-1 materialnya sama. Jadi, punya kekuatan sama juga.
Bahkan pada klep buang yang kodenya beda. Di klep Sonic GH sedang klep CS-1 WC. Katanya kode produksi WC lebih kuat lagi dibanding GH. Mungkin karena mempertimbangkan bensin lokal yang oktannya rendah.
Namun ada perbedaan sedikit. Pada batang klep buang Honda CS-1 ada bagian yang mengecil. Yaitu batang yang dekat sama bagian payung. Fungsi pengecilan batang ini aslinya untuk memperlancar aliran gas bakar. Supaya tidak banyak terhalang.
Soal harga, klep Sonic berada di kisaran Rp 150-200 ribu. Untuk klep CS-1 lebih bersahabat, hanya Rp 120 ribu satu set di bengkel resmi. Namun untuk mendapatkan klep CS-1 masih lumayan repot. Maklum masih baru. Selain inden kadang diminta menunjukan STNK motor. Kan repot jika beli banyak untuk persediaan balap.

Klep CS-1. Kode di payung klep beda, isap GH dan buang WC
Bisa Dipotong
Pertanyaan juga muncul, gimana jika batang klep CS-1 dipotong untuk dipasang di motor balap. Jangan-jangan tidak bisa dikeraskan? Tapi, jangan takut juga. Sudah dites oleh Chandra Sopandi dari bengkel bubut Master Tjendana di Jl. Pagarsih, No. 146, Bandung.
Menurut Chandra, setelah dipotong bisa dikeraskan lagi menggunakan cairan kimia campuran dari RBK (Racung Besi Kuning) atau RBM (Racun Besi Merah) dengan air. “Jadi, jangan takut klep CS-1 tidak bisa dipotong dan dikeraskan,” jelas Chandra yang kini sudah punya pacar.
Awas Klep Sonic Palsu
Klep Sonic banyak sekali yang palsu. Diprediksi buatan Cina. “Secara ukuran dan bentuk sama persis dengan asli. Bahkan juga punya kode sama, klep isap dan buang sama-sama GH,” jelas Ibnu Sambodo, begawan 4-tak dari Jogja.
Namun jika dilihat dari warna bisa saja ada bedanya. Klep asli rada hitam. Atau bisa terdeteksi ketika pembubutan payung klep. “Bahan klep Sonic palsu kasar seperti pasir, kena mata bubut jadinya kasar atau semrawut,” jelas Ibnu yang 2009 ini membela pabrikan Kawasaki di roda race.
Non Magnetic
Batang klep buang Sonic asli dan CS-1 sama-sama non magnetic alias tidak nempel magnet. Bisa dicoba pada bagian batang yang dekat dengan payung. Namun pada batang klep bagian tengan sampai ujung atas tetap nempel magnet.
Jika dilihat seksama, batang klep buang dibuat dari 2 bagian. Yang non magnetik punya warna rada gelap, sedang yang magnetik terang. Ini memang ada sambungan, tapi tetap kuat jika menahan beban vertikal.
artikel ini gue sunting dari OTOMOTIFNET
Did you like this? Share it:

klep

Posted by 4mry | upgrade mesin | Thursday 21 January 2010 7:59 pm
klep cs 1 mantap di shogun
Dengan syarat motor standard..dar..dar..tp biasanya dilapangan beda loh..sayang nya shogun ga ada RPM sih..hehehe
tp mnurut gw sih ga mungkin jebol bro..cuz rpm dibatesin cdi 9500…so pabrikan pasti
udah memperhitungkan ini…
nah gmn klw udah dilakuin ubahan seperti ganti PJ,MJ..so hasil torsi,daya rpm yg didapat pasti lebih tinggi khan dr yg standard…
contoh FU150: Daya Maksimum rpm 16 Ps/9.500
Torsi Maksimum Kgm/rpm 1,27/8,500

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com
Free Dani Cursors at www.totallyfreecursors.com